Kenalan Sama VCSO Cam Yuk !

Kenalan Sama VCSO Cam Yuk !

Kayaknya udah hampir satu mingguan gue ngga nulis artikel satu pun, wajarin aja yah. Soalnya gue berusaha nyibukin diri buat ngelupain kejadian yang gue alamin beberapa pekan lalu. Dan satu lagi, gue belum siap buat nulis lanjutan cerita galau-galauan gue yang kemaren, daripada tambah baper mending gue ngenalin sebuah aplikasi editor gambar.

Kenalan Sama VCSO Cam Yuk !

Aplikasi ini diberi nama Vsco cam oleh si pembuat entah apa filosofinya (kalian bisa search di google), namun yang pasti ada sebuah cerita dibalik alasan memilih kata "vsco" sebagai nama untuk alat editor yang sudah berhasil dibuatnya. Kapan dirilisnya? kalian bisa cari pembahasan mengenai itu di google, bakal ribet kalo gue yang jelasin sampai sedetail itu. 

Para pecinta fotografi pasti kenal betul dengan aplikasi satu ini, yang jelas aplikasi ini bisa dijalankan pada smartphone entah OS android, IOS, atau sejenisnya. Aplikasi ini ada yang gratis dan berbayar, Apa bedanya? kalo yang gratis presetnya masih banyak yang ke lock atau ke kunci dan sebalikanya kalo yang berbayar semua preset bisa digunakan.Dan yang gue pake ini vsco cam versi 10 Fullpack, tidak ada perbedaan yang begitu berojol dari versi-versi sebelumnya hanya mungkin penambahan beberapa preset di versi terbarunya.Udah cukup panjang basa-basinya daripada tambah ngelantur mending langsung buka aja aplikasi vsco cam.

Tampilan Awal VSCO Cam

Setelah brads buka vcso akan tampil halaman awal yang masih kosong, jadi kalian bisa import gambar dengan cara sentuh tombol plus di pojok kiri atas lalu pilih folder penyimpanan foto yang mau dimasukkan dan terakhir pilih fotonya. Dan disini kalian bisa langsung milih beberapa foto sekaligus, hanya dengan menyentuh foto-foto yang akan diimport, jika sudah dipilih selanjutnya sentuh icon bulatan kecil di pojok kanan atas. Tunggu proses import sampai ada notice import successful seperti gambar di atas.


Memilih Preset VSCO  

Jika proses import sudah selesai, gambar-gambar tadi bisa langsung diedit. Pilih salah satu foto yang mau diedit karena tidak bisa sekaligus, sentuh salah satu gambar kemudian akan muncul beberapa icon seperti, icon x untuk kembali, icon strip garis dua untuk memasukan preset dan mengatur adjustment, tombol publish, dan terakhir tombol titik tiga di pojok kanan bawah yang juga mempunyai fungsi penting salah satu menyimpan gambar yang sudah diedit ke galeri smartphone. Sentuh icon strip bergaris dua tadi, maka akan muncul tampilan lebih dari 30 preset yang siap digunakan mulai dari preset 01 sampai X6. Tinggal kalian pilih preset mana yang mau dipake,bila sudah yakin dengan pilihan kalian bisa menyesuaikan besarnya efek preset dengan cara sentuh dua kali pada preset yang sudah dipilih sebelumnya lalu sentuh icon lingkaran kecil. Selain bisa memasukkan preset kalian juga dapat mengatur adjustment seperti exposure, contrast, saturation, temprature, dan masih banyak lagi. Terus gimana caranya? bisa lihat gambar di atas tepat di bawah preset ada icon panah kecil, tinggal sentuh icon itu kemudian akan muncul lagi icon yang sama dengan halaman awal, tinggal sentuh icon strip bergaris dua untuk menampilkan adjustment.


Menexport foto di VCSO

Preset sudah ditambahkan, adjustment sudah diatur jika dirasa cukup tinggal pencet tombol kembali pada handphone kalian maka akan muncul pertanyaan "save your changes?" icon bulat kecil untuk yes dan icon x untuk no. Jika sudah disave akan terlihat jelas perbedaan gambar awal dan setelah ditambah preset ataupun setelah mengatur adjustment. Namun, gambar tadi tidak otomatis tersimpan ke penyimpanan handphone kalian harus mensave secara manual dengan menyentuh foto yang mau disimpan kemudian sentuh lagi icon titik tiga. Di situ akan ada beberapa pilihan mulai dari share, save to gallery, copy edit, dan remove. Pilih tulisan share jika ingin menshare gambar yang sudah diedit entah ke instagram, google+, dan lainnya. Save to gallery untuk menyimpan foto ke gallery handphone kalian, copy edit untuk me-replace gambar yang belum diedit atau bisa dikatakan file asli. Dan remove untuk menghapus gambar dari galeri vcso itu sendiri.

Membagikan Foto Hasil Edit di VSCO

Tidak lengkap rasanya jika kalian tidak mempublish atau membagikan kepada publik, foto yang baru saja selesai kalian edit. Publish ini tidak sama dengan tulisan share seperti yang gue jelasin sebelumnya, foto ini akan tersimpan di server vsco sendiri yang disana sudah banyak foto-foto orang lain yang tentunya sudah mereka edit. Kalian tidak akan bisa mempublish jika belum memiliki akun, jadi kalian diharuskan membuat akun sebelum dapat mempublikasi kan gambar. Format untuk membuat akun sangat mudah kalian hanya cukup memasukan email aktif, username baru, serta password yang baru. Setelah selesai memasukan, pihak vsco akan mengirim email verifikasi ke akun email yang kalian daftarkan, kalian juga diharuskan untuk memverifikasikan akun yang baru saja dibuat. 

Setelah kalian sukses memverifkasi akun tadi, barulah bisa mempublikasikan gambar, tidak hanya gambar tapi juga bisa ditambahkan caption. Seperti biasanya, kalian cukup menyentuh icon bulatan kecil apabila sudah yakin dan siap mempublikasikan gambar tadi. Untuk melihat gambar yang berhasil dibagikan, kalian bisa sentuh kolom persegi panjang yang ada tulisan usernam akun. Selanjutnya tinggal pencet lagi titik 3 di pojok kana atas, kemudian pilih view public profile dan pastikan jaringan data sudah dinyalakan, karena untuk mengakses gambar yang kalian upload ataupun orang lain dibutuhkan koneksi internet yang stabil tentunya.

Perkenalan dengan aplikasi VCSO Cam cukup segitu dulu, selebihnya kalian bisa tanya lewat komentar di bagian akhir tulisan gue ini. Oh iya, bagi kalian yang mau minta file aplikasi VSCO Cam yang gue pake, bisa hubungin gue lewat email ataupun sosial media lainnya yang tertera pada laman contact. Dan tentunya kita juga bisa saling sharing mengenai preset-preset yang digunakan, satu lagi hampir lupa ngasih tau gambar yang gue jadiin cover artikel ini menggunakan filter A8 dengan sedikit sentuhan pada bagian adjustment.

6 komentar :

  1. Berarti hampir sama dengan picsay ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyo gan, tapi yang ini lebih simple. Tinggal pilih preset. Beress dah.

      Hapus
  2. picsay, picart ga beda jauh ya? tapi sayamah lebih enak pake Photoshop

    BalasHapus
  3. wah sangat bermanfaat nih vsco cam. Terimakasih gan atas info nya bermanfaat sekali buat saya :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng gue dengernya, kalo tulisan-tulisan gue bermanfaat buat orang lain.

      Thanks gan udah baca-baca di sini. Jangan lupa cek postingan sebelah!

      Hapus