Cara Menyembuhkan Kartu Memori HP

Cara Menyembuhkan Kartu Memori HP

Tadinya, gue kira gegara handphone ini emang udah jadul makanya berasa berat banget. Kadang-kadang juga stuck, not respond, force close, dan paling parah nggak bisa direstart. Nggak cuma itu, mau buka foto atau nonton video pun terasa berat. Bahkan, kalo udah stuck kronis gue sampai harus ngelepas baterainya dulu. Kan nggak bagus tuh, kondisi handphone belum mati udah main cabut baterai aja. Tapi, mau gimana lagi, kalo nggak digituin ini handphone nggak ada respon positif sama sekali.

Kartu Memori HP dan Penghapus

Gue ngalamin masalah kaya gini udah sering, biasanya masalah stuck, lag, dan force close setau gue dapat diatasi dengan ngereset data handphone. Sebelum ngereset, pastikan sudah membackup file-file penting yang ada di memori internal. Baru kemudian, kalian harus masuk ke factory mode. Kalian bisa searching di google cara masuk mode factory, karena tiap type handphone kemungkinan tidak ada yang sama.

Nah, kalo udah berhasil masuk ke mode factory. Kalian bisa pencet tulisan wipe data/factory reset, habis itu pilih lagi wipe data and cache. Kalo semua langkah udah dilakuin, tinggal reboot hp kalian. Biasanya memang agak lama proses reboot yang pertama, tapi tenang ini normal kok. Ketika proses reboot sudah selesai, handphone kalian terlihat seperti pertama kali dibeli alias hanya berisi aplikasi bawaan. Jangan lupa update version os hp kalian ini akan membantu mengurangi masalah lag.

Setelah menghapus data internal, hp gue malah tambah parah. Nggak bisa ngebuka aplikasi apapun, nggak kaya biasanya. Gue coba cek galeri, ternyata foto-foto gue hilang gitu aja. Buka lagi file manager, memori internal aman-aman aja. Dan ternyata sumber masalah ada di bagian sd card atau kartu memori eksternal hp gue. Semua data yang ada di dalam kartu memori gue tidak bisa terbaca, pantesan aja foto, video, dan file penting lainnya nggak muncul-muncul.

Gue coba restart handphone, nggak ada perubahan sama sekali. Makin ke sini, malah bikin bingung. Kemudian, terpaksa gue sambungin ke laptop dengan usb karena nggak punya cardreader. Di laptop pun sama, file kartu memori kosong. Gue sangat yakin file tersebut tidak hilang. Hanya saja tidak bisa terbaca, kaya disembunyiin gitu.

Akhirnya gue googling lagi, setelah baca-baca hampir ditiap artikel ngenyaranin buat merestrore kartu memori tersebut dengan software. Banyak sekali pilihan-pilihan software yang bisa dipake. Gue coba satu-satu, ternyata tetap nggak berhasil seperti yang gue baca di google sebelumnya. Seakan-akan software saja tidak bisa melakukan scan pada kartu memori gue.

Cari-cari lagi di internet, ketemu cara yang sebenarnya cukup aneh. Memori rusak bisa sembuh hanya dengan digosok penghapus. Tapi, karena hari udah terlalu malam gue nggak bisa pergi keluar buat beli penghapus. Pas ke esokannya, gue langsung pergi beli penghapus yang berwarna putih (harus wana putih ya). Sekarang gue udah punya, jadi tinggal gosokin tepat di bagian tembaga kartu memori. Sebelumnya, pastikan dulu kartu memori memang tidak ada lecet kalaupun ada hanya sedikit saja. Apabila terlalu banyak lecet, ada kemungkinan kartu memori tersebut tidak tertolong.

Balik lagi ke urusah gosok-menggosok, lakukanlah secara perlahan dan berulang. Dikira-kira aja kalo udah cukup, baru pasang kembali memori tadi. Kemudian, gue nyalain lagi itu hp. Dan ternyata masih tidak bekerja, serius pikiran gue udah mentok. Dimana coba letak masalahnya, atau memang udah nggak bisa pulih kaya semula lagi, pikir gue.

Gue makin penasaran, lalu gue gosok kembali dan agak sedikit lebih lama dari yang pertama tadi. Dan anehnya gosokkan kedua itu berhasil, semua file bisa terbaca. Belum selesai sampai di sini saja, gue harus membackup semua file tersebut ke hardisk laptop. Baru setelahnya gue format kartu memori itu secara manual melalui pengaturan ponsel. Setelah proses memformat selesai, copy kembali file di laptop dan masukkan ke dalam sd card.

Seharusnya sampai ditahap ini sudah bisa dikatakan aman. Kemudian, gue coba membuka file-file tadi memastikan tidak ada yang corrupt. Ekspetasi gue salah, ada beberapa file gambar dan video yang corrupt atau tidak bisa terbuka. Terpaksa gue harus memusnahkannya, file tersebut sudah tidak bisa diperbaiki.

Sebetulnya apa hubungan antara memori card dan penghapus, mengapa hanya dengan digosok memori bisa kembali lagi. Memang rada aneh, tapi itu benar-benar berhasil. Akibat memori sudah lama terpasang pada slot ponsel. Kotoran mulai menumpuk di bagian tembaganya, itulah sebenarnya inti penyebab tidak terbacanya kartu memori.

Hal ini juga bekerja untuk RAM komputer atau laptop. Biasanya dampaknya kurang lebih, komputer tidak akan bisa booting untuk masuk ke windows. Kalian bisa perbaiki dengan menggosok di bagian tembaganya sama seperti pada memori hp. Usahakan menggunakan penghapus berwarna putih. Sebenernya cara ini nggak bisa menjamin dapat memperbaiki kerusakan, tapi tidak ada yang salah jika kalian mencobanya. Toh, kalaupun tidak berhasil kalian terpaksa menggantinya dengan yang baru.

2 komentar :