Jenis Kertas Label CD Berdasarkan Kelebihan serta Kekurangannya

Jenis Kertas Label CD Berdasarkan Kelebihan serta Kekurangannya

Sebagai pekerja dibidang photographer dan videographer, kalian harus menyiapkan media penyimpanan softcopy untuk pelanggan. Salah satunya dengan menggunakan optikal disk berupa CD/DVD.

Banyak sekali kesalahan yang dilakukan oleh photographer atau videographer professional. Dan yang sangat sering disepelekan adalah pengemasan CD. Menurut saya, tidak ada salahnya jika kita keluar uang sedikit lebih banyak demi kepuasan pelanggan.

Buatlah label yang sesuai, terdapat foto pasangan mempelai, tanggal atau hari diberlangsungkannya acara tersebut, alamat, serta nama studio kalian. Bisa juga ditambahkan yang lainnya sesuai dengan keinginan kalian.

Sebelum mencetak label CD tersebut, pastikan kalian sudah mengetahui jenis-jenis kertas yang memiliki kualitas bagus dengan harga bersahabat. Pemilihan kertas juga menentukan hasil cetakan nantinya. Berikut 3 jenis kertas untuk label CD yang bisa kalian pertimbangkan.

1. Play paper atau HVS


Kalian pasti tidak asing lagi dengan kertas yang satu ini. Sering digunakan dalam pekerjaan sehari hari, seperti memprint berkas, fotocopy berkas dan lain sebagainya. Ternyata, kertas ini juga tersedia untuk label CD. Tetapi, sifat kertas yang terlalu tipis menjadi kekurangan dari jenis yang satu ini. Selain itu, warna dari foto yang kalian gunakan untuk label tidak akan keluar secara maksimal. Ini sangat berpengaruh terhadap kualitas dan daya jual jasa kalian. 

2. Inkjet paper


Inkjet paper memiliki kualitas yang lebih bagus ketimbang HVS. Permukaan kertas sangat halus serta dilapisi dengan coating khusus, warna cetakan jauh lebih tajam sehingga foto terlihat lebih hidup. Ketebalan kertas juga sangat pas, jadi tidak akan mengganggu ketika dimasukkan ke dalam pemutar CD. Sangat direkomendasikan bagi kalian yang ingin membuat label CD dengan hasil yang lebih maksimal.

3. Glossy atau kertas foto


Terakhir, kertas glossy yang biasa digunakan untuk mencetak sebuah foto. Kertas jenis ini sebenarnya bagus, namun ukurannya yang tebal harus kalian pertimbangkan. Pada saat klien kalian memasukkan CD tersebut ke dalam PC, laptop, atau DVD player. Nantinya CD tersebut akan nyangkut dan tidak bisa keluar. Resiko seperti ini tentunya harus kalian hindari, demi kenyamanan para klien.

Jadi, tetap Inkjet paper menjadi pilihan utama untuk kalian sebab ukuran kertasnya yang pas, warna foto juga keluar, dan yang paling utama harganya juga masih terjangkau ketimbang kalian membeli kertas jenis glossy.

Nah, untuk membeli kertas ini kalian bisa mendatangi toko-toko komputer terdekat. Kalau pun tidak ditemukan, kalian bisa kunjungi toko besar serba ada yang terdapat di kota kalian. Tetap utamakan kesenangan dan kepercayaan pelanggan, agar usaha kita semakin maju dan berkembang.

Tidak ada komentar