5 Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan Bermodal Kecil

5 Peluang Bisnis Sampingan Bagi Karyawan Bermodal Kecil

Kadang, walaupun kamu sudah memiliki pekerjaan di suatu perusahaan. Dengan mengharapkan gaji bulanan, rasanya sulit untuk memenuhi kebutuhan. Terlebih bagi kamu yang sudah menikah. Syukur-syukur kalo kamu dan pasangan sama-sama kerja.

Ide Usaha Sampingan untuk Pekerja Kantoran


Coba bayangin kalo cuma kamu yang kerja?

Memenuhi kebutuhan untuk sehari-hari saja sulitnya minta ampun. Belum lagi tagihan-tagihan, seperti kartu kredit, listrik, air, dan koneksi internet.

Apalagi ngajak pasangan buat shopping?

Harga kebutuhan yang terus melonjak naik. Harusnya membuat kamu berpikir untuk mencari pekerjaan sampingan tapi tidak mengganggu pekerjaan utama. Hasil yang kamu dapatkan juga akan double.
Baca juga : Langkah-Langkah Memulai Bisnis Clothing Sendiri
Berbisnis memang nggak mudah. Tapi, kalo kamu nggak segera ambil tindakan. Kamu dan keluarga akan mengalami krisis ekonomi, loh.

Aku bagiin nih, beberapa solusi usaha sampingan yang bisa kamu jalanin. Entah itu sendiri, bersama pasangan, teman, atau saudara.

5 Daftar Peluang Usaha Sampingan Karyawan yang Menguntungkan

Sebuah bisnis, jika dikelola dengan baik dan serius. Bisa menciptakan prospek yang terus menjulang. Nggak menutup kemungkinan, kalo usaha kamu terus maju. Kamu tidak perlu lagi harus bangun setiap pagi untuk pergi ke kantor.

1. Jualan Online

Cara Memulai Bisnis Jualan Secara Online


Ngebahas online emang nggak ada putus-putusnya. Bisnis satu ini bisa dikerjakan oleh segala kalangan. Baik yang kerja atau nggak, cowok-cewek, muda-dewasa. Semuanya bisa menjalankan usaha secara online.

Untuk usaha yang satu ini, tidak perlu modal besar nyaris nggak pake modal sama sekali. Yang penting, kamu punya perangkat untuk digunakan sebagai operasional pemasaran. Terus punya koneksi internet untuk mengaksesnya.

Kamu bisa menyetok barang, reseller, atau dropshiper. Semuanya sama-sama mendatangkan keuntungan kok. Tinggal sesuaikan dengan kemauan kamu aja.

Buat katalog untuk promosi di instagram, facebook, twitter, dan sosial media lainnya. Jangan lupa juga untuk membuka toko online di marketplace yang sudah memiliki nama. Seperti, shopee, bukalapak, tokopedia, lazada, dan sebagainya.

Ketika kamu udah punya modal yang cukup besar. Kamu buat saja website toko online sendiri. Agar bisa leluasa kamu kelola sendiri. Punya ketentuan sendiri. Dan tidak bergantung dengan marketplace-marketplace yang aku sebutin tadi.

2. Bisnis Waralaba

Keuntungan Usaha Waralaba


Waralaba cocok untuk kamu yang mempunyai modal sedang hingga besar. Keuntungan menggeluti bisnis ini ialah kamu nggak perlu menguasai ilmu perbisnisan. Kamu hanya butuh membeli hak waralaba(franchise). Bayar sewa tempat.

Selebihnya, untuk sistem bisnis/marketing, sudah ditanggung atau disiapkan oleh pihak waralaba nya sendiri. Kamu di sini bertindak seperti investor. Keuntungan yang kamu dapatkan tidak main-main. Semakin besar jenis waralaba yang diambil, semakin banyak uang masuk ke rekening.

Ada banyak pilihan konsep waralaba dari kuliner, barbershop, salon kecantikan, treatment, pijat refleksi, dan inovasi-inovasi baru yang bisa kamu lirik. Tentukan berdasarkan kesukaan kamu terhadap jenis usaha yang akan dibangun.

3. Jualan Produk Handmade

Peluang Berbisnis Handmade


Produk handmade sangat mengandalkan keahlian tangan dalam membuat sebuah barang. Banyak produk-produk buatan tangan yang bernilai tinggi. Bahkan, bahan dasarnya menggunakan barang-barang sisa pakai.

Meraju taplak meja, membuat tas lukis, membuat buku edukatif, membuat mainan anak-anak, serta yang lainnya. Semua jenis handmade bisa mendatangkan profit. Apalagi, produk kamu unik dan eksklusif. Belum pernah ada yang bikin.
Baca juga : 4 Peluang Usaha Kreatif Sedikit Pesaing
Peluang untuk usaha ini masih terbuka lebar. Belum banyak orang yang menyadarinya. Untuk memperkenalkan produk kamu. Bisa melalui mulut ke mulut, mulai aja dari teman dekat. Tapi, aku saranin lewat sosial media aja lebih efektif.

Kalo perlu kamu buat video tutorial pembuataanya. Agar orang lain tau, proses pembuatannya tidak mudah, perlu waktu dan tenaga. Dan layak mendapat bayaran yang tinggi.

4. Membuka Coffe Shop/Warung Kopi

Membangun Usaha Coffee Shop/Warung Kopi


Pecinta kopi datang dari beragam kalangan. Ada yang memang benar-benar menyukai cita rasa dari kopi. Atau sekedar tuntutan gaya hidup sosialita zaman sekarang.

Satu hal yang penting, mereka semua pasar kamu. Bodo amat dengan niat mereka. Kamu bisa ambil peluang ini. Semua tergantung modal. Kalo modal kecil, bisa buka warung kopi ala angkringan yang lesehan gitu. Nggak kalah sepi kok.

Sama,

Coffe shop berkonsep. Bisa jadi pilihan kamu yang punya modal besar. Kamu harus pikirkan matang-matang mengenai konsep yang diusung. Konsep harus kuat dan pastinya harus berbeda dari kompetitor.

Tampil beda dan fresh. Tujuannya agar mendapat tempat di hati pecinta kopi.

5. Bisnis Kue Pesanan

Jualan Cup Cake, Modal Kecil Untung Besar


Bagi kamu yang suka bikin kue. Meski itu iseng-iseng atau emang niat. Dan rasanya beneran enak. Nggak ada salahnya mulai berbisnis kue pesanan.

Cari partner untuk membantu kamu dalam pembuatan kue. Pastikan bisa memasak. Baik itu teman, ibu, saudara, pacar. Yang penting jago bikin kuenya.

Nah, tugas kamu bukan di situ lagi. Kamu harus fokus untuk memasarkan produk kue yang kalian jual. Kamu kasih detail keuntungan, kenapa harus beli kue di kamu. Patok harga yang masih bisa dijangkau segala kalangan.

Jadikan sosial media sebagai ujung tombak promosi. Kalo urusan perut, prospek amat-amat besar. Buatlah kue yang punya ciri khas, rasa yang unik, dan tampil beda dari kue-kue yang sudah ada. Untuk resep-resep kue bisa kamu pelajari melalui google atau youtube.

Dengan menjalankan salah satu atau beberapa usaha di atas tadi. Akan membantu kondisi keuangan keluarga kamu. Nggak perlu khawatir lagi soal tagihan-tagihan setiap awal bulan. Ingat, modal usaha jagan sampai dipake. Bisa-bisa usaha kamu akan gulung tikar. 

Tidak ada komentar