4 Peluang Usaha Kreatif yang Persaingannya Kecil

4 Peluang Usaha Kreatif yang Persaingannya Kecil

Membangun sebuah bisnis tentu memerlukan riset yang matang. Harus pandai dalam membaca situasi pasar. Apa yang sedang dibutuhkan banyak orang dan pesaing masih minim.

Peluang Bisnis Modal Kecil

Itulah, peluang usaha yang harus kamu ambil. Memang tidak secepat itu dalam memutuskan mau memulai usaha yang seperti apa. Masih banyak aspek yang perlu dipertimbangkan.

Tapi, jika tidak dimulai dari sekarang. Ide-ide kamu akan direbut oleh pendatang yang juga baru memulai bisnisnya.
Baca juga : Ingin Punya Bisnis Clothing? Berikut Langkah-Langkahnya
Ketika kamu sudah memiliki keinginan untuk berbisnis dan masih mentok dalam memikirkan usaha apa yang digeluti. Aku akan membagikan beberapa terbosan baru yang memiliki peluang cukup besar.

Mungkin solusi-solusi usaha berikut ini akan mempermudah perjalanan kamu dalam berwirausaha.

4 Peluang Bisnis Unik dan Langka yang Banyak Dicari

1. Memulai Usaha dari Barang Bekas Atau Hasil Daur Ulang


Memanfaatkan limbah lingkungan menjadi income ternyata tidak mustahil. Selama kamu mempunyai inovasi untuk mengembangkannya. Sebab, nggak semua orang tau bagaimana cara menjual kembali barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Pertama, kamu harus amati lingkungan sekitar. Perhatikan, sampah jenis apa yang paling sering di temui.

Misalkan saja, sampah plastik atau kertas yang paling mudah ditemukan. Kamu bisa kreasikan dengan mengubahnya menjadi peralatan rumah tangga. Bisa juga dibikin menjadi mainan untuk anak-anak.

Selain, mendapatkan penghasilan. Kamu juga sudah ikut berpartisipasi dalam menyehatkan kondisi alam. Makin berkah deh usaha yang kamu jalanin.

2. Memulai Usaha Kuliner yang Berciri Khas


Mendengar kuliner, sering kali kita beranggapan. Ah, nggak mungkin. Usaha kuliner udah banyak pesaingnya. Sulit untuk masuk ke dalam pasar yang satu ini.

Ternyata mindset seperti itu salah mutlak. Sebesar apapun kompetisi, apabila kamu mempunyai visi dan misi yang bagus. Prospek juga akan terus meningkat.

Kuncinya, kamu harus kreatif dalam menentukan produk apa yang akan dipasarkan. Cita rasa, varian, dan proses penyajian yang berbeda dari kompetitor adalah hal utama.

Dengan keunikan yang kamu ciptakan, tentu muncul rasa penasaran di benak konsumen.
Baca juga : Peluang Bisnis Sampingan Bagi Pekerja Kantor
Eh, lucu banget nih. Kira-kira gimana ya rasanya. Ini nih pertanyaan yang sering muncul di otak pelanggan yang baru aja ngelihat makanan-makanan yang unik dan baru.

Pastikan, kamu mampu menjawab seluruh ekspetasi rasa penasaran pembeli dengan memaksimalkan rasa dari produk buatan kamu. Dengan begitu brand kamu akan menanjak lebih cepat.

Kalo nggak enak, mereka nggak bakal balik lagi. Nggak ketagihan.

Ingat, selalu berinovasi dalam setiap usaha yang dijalankan.

3. Memulai Usaha Jual Beli Barang Antik


Bisnis barang antik memang jarang terdengar. Tapi, kamu harus tau kalo bisnis ini bisa sangat menjanjikan kalo dimanfaatkan dengan baik.

Seperti dulu, ketika batu akik masih ramai di Indonesia bahkan Mancanegara. Berapa omset yang didapatkan oleh penjual batu akik?

Mungkin tembus ratusan juta perbulannya.

Kemudian, bisnis batu akik meredup.

Permasalahnnya ialah orang-orang kita ingin sesuatu yang baru. Tidak melulu soal batu kok.

Masih banyak lagi barang-barang antik yang bisa dijadikan uang. Lihat saja seisi rumah kamu, setidaknya ada satu atau dua barang yang bisa kamu jual. Dan hasil penjualan, kamu gunakan untuk membuat usaha yang lain.

Kalo memang, kamu nggak punya barang antik satu pun. Kamu bisa menjadi perantara antara pemilik barang dengan para pembeli. Kamu bisa menjual dengan harga sedikit lebih tinggi agar mendapatkan keuntungan.

Atau buat perjanjian di awal, kamu harus mendapatkan komisi sekian dari setiap penjualan barang antik yang laku. Bilamana perlu, tulis perjanjian hitam di atas putih. Demi menghindari kondisi-kondisi genting yang nggak mengenakkan.

4. Memulai Usaha Budidaya Jamur Tiram


Menurut penilitian, jamur tiram memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Terdapat protein, kaya akan vitamin dan mineral. Mampu menurunkan kolestrol, anti bakteri dan tumor.

Kamu juga bisa memasak jamur tiram dengan berbagai bahan makanan lainnya. Biar makin enak.

Udah enak, sehat lagi. Ini yang orang cari.

Sampai saat ini, masih jarang kita temui penjual jarum tiram. Nggak seintens penjualan bahan makanan lain.

Sebetulnya tidak sulit untuk mengembangkan jamur tiram. Kamu hanya perlu sebuah tempat dan bibit jamur tiram.

Media tanamnya, hanya memerlukan air, dedak(pangan ayam), dan kapur. Serta beberapa campuran lain yang bisa kamu pelajari dari internet. Gunakan media jerami yang sifatnya keras agar tidak cepat habis.

Letakkan jamur tiram di suhu yang lembap. Supaya proses inklubasi dan fase pembentukan berjalan dengan lancar.

Kamu bisa panen jamur tiram deh. Kemudian pasarkan jamur tiram ke rumah-rumah makan atau UKM yang memang memerlukan jamur sebagai bahan dasar.

Kamu juga bisa olah sendiri jamur yang dihasilkan. Sebelum memasarkannya, contohnya : Keripik jamur, jamur tiram crispy, dan masih banyak ide-ide makanan dengan menggunakan jamur.

Peluang usaha barusan masih belum banyak yang tahu. Kamu harus bisa berinovasi dari 4 point tadi agar bisa bersaing dengan pengusaha-pengusaha yang sudah memulainya lebih dulu. Jangan takut gagal, dan tidak berani mencoba. Semua perlu proses yang panjang untuk menjadikan bisnis kamu sukses

Tidak ada komentar