Cara Membuat Subdomain Sendiri Tanpa Melalui Cpanel atau Hosting

Cara Membuat Subdomain Sendiri Tanpa Melalui Cpanel atau Hosting

Apa itu subdomain?
Subdomain bisa kita katakan anak dari domain utama yang sudah terdaftar. Analogi gampangnya, kita umpamakan domain utama itu sebagai sebuah rumah. Nah, untuk subdomainya sendiri merupakan kamar yang terdapat di dalam rumah tersebut. Masih kurang jelas? Nih langsung aku kasih contohnya.

Pengertian subdomain dengan menganalogikan sebuah rumah

Seperti yang sering kalian lihat, pada website-website besar mereka selalu menggunakan subdomain untuk mempermudah kategori, baik untuk wilayah maupun kategori konten. Banjarmasin Post salah satunya. Portal berita khusus wilayah Banjarmasin itu menjadi bagian dari perusahaan Tribunnews.

Tribunnews sendiri memiliki alamat web www.tribunnews.com, sedangkan Banjarmasin Post menggunakan alamat subdomain berupa banjarmasin.tribunnews.com. Di sini subdomain tidak perlu lagi menggunakan www, karena www sendiri bersifat sebagai subdomain.

Contoh lain bisa kita lihat di salah satu penyedia domain dan hosting asal Indonesia, yakni Jagoan Hosting. Alamat domain utama mereka ialah www.jagoanhosting.com. Jagoan hosting juga menggunakan subdomain untuk mempermudah pengguna(user). Terlebih dalam menanggapi atau mengatasi kendala yang sering terjadi di Jagoan Hosting.

Ada halaman khusus yang menyediakan tutorial hosting dan domain dengan link tutorial.jagoanhosting.com. Nah, perlu kita garis bawahi penekanan terhadap subdomain yang dipakai di sini ialah kata tutorial sesuai dengan pembahasan yang ada.

Sebelum lanjut kepada pembahasan lebih lanjut, aku sendiri juga sudah pernah menanyakan apakah mungkin pengguna blogspot dapat menambahkan subdomain dari custom domain yang kita miliki di salah satu grup facebook blogger. Perlu diingat, di sini aku menggunakan blogspot yang berarti tidak perlu menyewa/memiliki hosting.

Respon dari anggota grup tersebut sangat ramai, dan kebanyakan di antaranya justru mengatakan tidak bisa. Mengapa demikian? Mereka mengatakan subdomain hanya bisa dibuat melalui cpanel atau hosting yang kita miliki. Dan berarti kita harus menggunakan cms seperti wordpress misalnya. Sedangkan saya di sini mutlak pengguna blogspot, dan tidak mempunyai hosting.

Lalu bagaimana caranya? Saya pun sudah mencoba memaksimalkan mesin pencari google untuk menemukan solusi permasalahan, tetapi hasilnya melenceng dari akar masalah.

Karena saya di sini menggunakan domain dari jagoanhosting. Kemudian saya pun berpikir demikian, saya mencoba mencari solusi di halaman bantuan yang terdapat pada web jagoanhosting. Hasilnya tetap sama, pada halaman pusat bantuan hanya terdapat cara menambahkan subdomain melalui cpanel.

Kembali ke poin dimana www juga merupakan subdomain. Dari situlah saya bisa menemukan cara sendiri untuk menambahkan subdomain dengan mudah. Berikut langkah-langkahnya :

Tutorial Menambahkan Subdomain dengan Mudah Hanya Melalui CNAME Record


Siapkan nama subdomain yang ingin dipakai, kemudian kalian login dahulu di blogger. Setelah itu masuk ke setelan dasar. Pada alamat blog silakan edit dan masukkan subdomain yang sudah ditentukan. Biasanya tidak bisa langsung tersimpan, akan muncul 4 kode yang harus kita masukkan di bagian setelan penyedia domain.

Memasukkan Domain Pihak Ketiga Pada Blogspot

Kasus ini sama seperti pertama kali ketika kita menghubungkan custom domain dengan blogspot. Kita hanya perlu memasukkan kode tertentu pada CNAME Record. Untuk jagoan hosting, pertama-tama kita harus login dahulu agar bisa masuk ke pengaturan domain.

Masukkan Email dan Password Akun Jagoan Hosting

Lalu berikutnya, klik layanan pada menu bar dan pilih domain pada sub menu. Kita akan dibawa ke halaman dimana terdapat nama domain yang sudah teregistrasi. Klik icon kunci inggris, selanjutnya pada menu manage klik setting dns.

Cara Setting DNS Custom Domain di Jagoan Hosting

Di halaman tersebut ada beberapa jenis record, A record, MX Record, TXT Record, dan CNAME Record. Kamu tinggal pilih yang CNAME Record, akan kalian temui kolom-kolom yang harus diisi. Silahkan isi host name dengan nama subdomain yang ingin kalian gunakan. Kolom destination silakan diisi dengan ghs.google.com. Dan terakhir, TTL masukkan angka 14400. Pastikan semua data sudah benar baru kalian klik tombol save.

Setting CNAMER Record untuk Subdomain di Jagoan Hosting

Ulangi langkah tadi untuk memasukkan kode khusus yang kita dapat pada setelan blogger. Jangan lupa juga untuk klik save. Sekarang kita hanya perlu menunggu validasi dari pihak penyedia domain. Biasanya paling lambat 2x24 jam dan paling cepat 10 menit kemudian juga sudah bisa terhubung. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek pengaturan bloggernya, siapa tau setting domain pihak ketiganya udah bisa disimpan. Dan selamat, kamu sudah berhasil membuat subdomain dari custom domain utama.

2 komentar :

  1. Hai Bro, Saya menggunakan domain dari niagahoster, apakah caranya sama seperti ini?
    https://www.anboi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saja bro, tinggal menyesuaikan setup penyedia aja

      Hapus