5 Kesalahan Umum yang Menyebabkan Kamu Gagal Saat Interview Pekerjaan

5 Kesalahan Umum yang Menyebabkan Kamu Gagal Saat Interview Pekerjaan

Setiap melamar pekerjaan terdapat prosedur-prosedur yang harus kamu penuhi. Biasanya setelah kamu selesai menyiapkan berkas lamaran, kemudian melampirkan atau mengirim ke perusahaan atau tempat yang dimaksud. Tahapan berikutnya adalah inteview kerja atau wawancara kerja langsung dengan Human Resources Departement atau HRD.

Tips Saat Interview Pekerjaan di Perusahaan

Nah, dari sini lah calon tempat kamu bekerja akan memberikan penilaian. Maka dari itu, kamu harus bisa memaksimalkan proses wawancara kerja ini. Jangan sampai kamu melakukan kesalahan kesalahan kecil yang berujung fatal dan akhirnya kamu justru tidak lulus seleksi.

Inteview pekerjaan ini juga dibagi menjadi beberapa tahapan lagi, seperti test psikologi, test kemampuan (skill), pengenalan diri, dan lain sebagainya. Nah, kali ini aku pengen ngasih tau ke kalian kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pelamar kerja, baik yang fresh graduate (baru lulus sma/smk atau kuliah) maupun yang sudah berpengalaman. Apa aja sih kesalahan mendasar saat wawancara pekerjaan?

Berikut Beberapa Kesalahan - Kesalahan Kecil yang Sering Terjadi Saat Interview Pekerjaan


HRD akan menilai semua aspek yang ada pada diri kamu, mulai dari cara berbicara, cara kamu menyimak pertanyaan yang dilontarkan oleh HRD, respon yang kamu berikan terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan lain sebagainya.

Tidak Bersemangat

Bagaimana ceritanya, kalau saat interview pekerjaan saja kamu sudah loyo apalagi saat bekerja. Begitulah pemikiran dari seorang HRD ketika menghadapi pemalar yang terlihat lesu. Mengatasi hal ini, caranya gampang sekali. Pertama, kamu harus datang on time atau lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan atau disepakati. Jangan lupa sarapan serta mandi agar kamu terlihat lebih fresh dan bersemangat saat memperkenalkan diri. Juga naikkan intonasi suara kamu sedikit lebih tinggi dari biasanya.

Tangan di Atas Meja

Poin ini juga sangat sering kita temui pada tahapan interview kerja. Meletakkan tangan di atas meja dinilai kurang sopan. Seharusnya kamu letakkan kedua tangan di atas masing-masing paha. Itu terlihat lebih baik di mata seorang HRD.

Tidak Ada Perencaaan Sebelumnya

Ketika kamu tidak memiliki perencaan sedikit pun, ku jamin pasti akan kebingungan untuk menjelaskan tentang diri kamu. Bengong ketika ditanya mengenai calon tempat kamu bekerja. Akhirnya, kamu dihinggapi rasa gugup atau grogi yang kamu upaya atasi dengan mengeluarkan kata-kata tidak penting.

Banyak Memakai Kata-Kata Tidak Perlu

Saat dilanda gugup, normlanya kamu malah bergumam sembari berucap (emm...), (ada lagi pa), (huhh...), dan lain-lain. Coba aja kalo sebelumnya kamu udah persiapin dengan matang dan terstruktur. Di jamin, kata-kata barusan tidak akan keluar dari mulut kamu. Semua pertanyaan bisa kamu jawab dengan lancar dan berurutan.

Tidak Fokus

Poin ini juga disebabkan tidak adanya persiapan. Pikiran kamu justru campur aduk. Bahkan, mata kamu tidak saling tatap dengan mata HRD. Kamu dikasih pertanyaan A, tapi kamu respon dengan memberikan jawaban B. Kurang lebih begitu analoginya. Saat kamu tidak fokus, kamu akan kesulitan untuk menjelasankan latar belakang diri kamu. Banyak menjelaskan hal yang tidak penting, misalnya nama orang tua, nama saudara, pekerjaan saudara kamu, dan lainnya. Ini akan menguras waktu kamu yang seharusnya digunakan untuk menjelaskan kemampuan yang diri kamu miliki. Sehingga layak untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

Nah, itulah tadi hal-hal yang harus dihindari saat memperkenalkan diri di depan Human Resources Departement. Namun, tidak semua yang aku katakan tadi sesuai di lapangan. Karena, tiap-tiap penguji mempunyai standar penilaiannya masing-masing. Tidak ada salahnya kalian mempersiapkan lebih awal, agar tidak keteteran dan siap dengan segala pertanyaan yang diberikan. Buatlah diri kalian terlihat pantas untuk mendapatkan pekerjaan itu. Jika gagal atau ditolak, jangan patah semangat. Terus naikkan kualitas diri kalian, dan jangan lupa berdoa.

Tidak ada komentar