Cara Lengkap Membuat Stiker WhatsApp Menggunakan Foto Sendiri

Cara Lengkap Membuat Stiker WhatsApp Menggunakan Foto Sendiri

Kurang lebih satu minggu yang lalu WhatsApp Messenger melakukan pembaharuan. Apa saja sih yang baru dari Aplikasi WhatsApp?

Membuat Stiker di WhatsApp dengan Foto Pribadi

Dilihat dari halaman playstore, fitur terbaru yang bisa kita gunakan ialah membuat stiker untuk whatsapp. Asiknya lagi, kamu bisa memakai foto pribadi sebagai bahan stiker nantinya.

Nah, sebelum membuat stiker sendiri untuk aplikasi WhatsApp pastikan kalian memiliki beberapa aplikasi pendukung. Pertama(wajib), Aplikasi stiker pribadi untuk whatsapp, selanjutnya kalian juga harus memiliki aplikasi untuk menghapus background dari foto kalian nanti.

Ada banyak pilihan aplikasi editor yang bisa kamu gunakan, disini aku menyarankan kalian pakai Background Eraser untuk android dan Photoshop bagi pengguna komputer. Selain itu, aku juga bakal jelasin aplikasi-aplikasi lain yang bisa menjadi pilihan lain secara singkat dan jelas.

Sebelum masuk ke tahap pembuatan stiker, kamu harus update terlebih dulu aplikasi whatsapp nya agar nanti stiker bisa langsung terbaca. Jika sudah, siapkan foto yang ingin dijadikan stiker. Entah, itu foto muka kalian sendiri, temen, pacar, atau kartun juga bisa.

Oh iya, pastikan kalian menyiapkan tiga foto sekaligus untuk dijadikan stiker di whatsapp. Tiga foto tersebut sudah merupakan ketentuan minimal yang diharuskan.

Cara Menghapus Latar Foto Menggunakan Aplikasi Background Eraser Melalui Smartphone

Lanjut, langsung kalian buka aplikasi background erasernya. Setelah itu pilih load photo untuk memasukkan foto. Crop bagian yang diingikan apabila perlu. Lalu pilih ceklis untuk melanjutkan. Kamu bisa menggunakan tiga fitur berbeda dari aplikasi ini.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Keren Sendiri

Ada auto, magic, serta manual. Auto dan magic hampir mirip-mirip fungsinya, ketika kalian gerakkan pointer berwarna merah ke salah satu warna atau objek maka akan langsung terhapus warna-warna yang serupa. Untuk yang manual, kamu harus membersihkan background secara perlahan dan saya jamin lebih rapi, ketimbang auto ataupun magic.
Baca Juga : Cara Menghilangkan Background Foto Melalui Android dan Komputer
Saat proses penghapusan background, kamu bisa menset ukuran dari penghapusnya. Dengan cara menggeser-geser pointer berwarna biru di atas text manual size. Untuk cursor offset, bertujuan untuk memberikan jarak antar cursor yang satu dengan cursor kedua.

Semua background sudah terhapus silahkan kalian export foto tersebut dengan memilih ceklis dulu. Baru pada smooth edge kamu pilih tingkatannya(ada 5 tingkatan) bertujuan untuk merapikan pinggiran yang baru saja kamu hapus.

Cara berikutnya, menggunakan software photoshop melalui komputer.

Cara Menghapus Background Gambar Menggunakan Photoshop Versi Berapa Saja

Buka software photoshop di komputer atau laptop kamu. Berikutnya buat new layer dengan cara klik file, new, lalu masukkan nama untuk project. Ukuran harus kalian set menjadi 500x500 pixel saja. Karena itu sudah ukuran maksimal yang ditentukan.

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri dengan Mudah

Layer baru sudah berhasil dibuat, kalian import gambar yang ingin dijadikan bahan. Setelah dimasukkan, klik kanan pada layer bahan stiker untuk rasterize. Kemudian, klik pentool untuk menseleksi latar belakang yang ingin delete.

Selain pentool, kalian juga bisa menggunakan tool eraser untuk menghapusnya, tapi aku rekomendasiin menggunakan pentool agar hasil lebih rapi dan maksimal.

Kamu juga bisa menambahkan efek-efek lainnya melalui software photoshop. Jika semua sudah selesai, kamu tinggal export gambar tersebut. Caranya, pilih file, save as, tentukan folder untuk menyimpan. Beri nama pada file tersebut, jangan lupa pastikan eksistensi gambarnya berjenis png supaya foto yang dihasilkan tetap tanpa background.

Selain menggunakan dua aplikasi tadi, kamu juga masih memiliki pilihan lain untuk menghapus background foto. Bisa menggunakan picsart, picsay pro, paint, dan lain sebagainya.

Foto sudah berhasil diexport, silakan kamu masukkan foto tersebut ke smartphone untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Cara Memasukkan Foto Sendiri untuk Menjadi Stiker di Aplikasi WhatsApp Terbaru

Penghapusan background sudah berhasil, gambar akan otomatis masuk ke folder eraser di memori internal. Kalian juga bisa cek di galeri kok. Berikutnya, buka aplikasi stiker pribadi untuk Whatsapp. Di sana nanti akan muncul beragam folder yang berisi gambar-gambar tanpa background.

Tutorial Membuat Foto Menjadi Stiker Pribadi WhatsApp

Kalian buka dulu foldernya untuk memastikan foto-foto tadi sudah tersedia. Lalu, kemudian tinggal kamu pencet tambah dan tunggu prosesnya. Jika sudah, nanti akan berubah otomatis menjadi ceklis.

Jika kamu ingin membuat stiker pack untuk di whatsapp juga bisa. Cukup dengan memencet icon titik tiga pada aplikasi stiker pribadi whatsapp. Kemudian, pilih buat paket stiker. Beri nama untuk paket stiker tersebut. Pilih lah foto yang ingin dimasukkan menjadi satu paket. Jika semua sudah selesai, tinggal pilih ceklis dan tunggu beberapa saat untuk aplikasi ini mengirimkan foto stiker ke dalam aplikasi whatsapp.

Selanjutnya, kamu buka aplikasi whatsapp nya dan kemudian coba chat ke seseorang atau pacar kamu. Lalu pilih stiker dan pilih icon di samping gif. Kamu bisa menemukan stiker-stiker yang baru saja dibuat. Kalian sudah bisa mengirimnya ke kontak-kontak kalian.

Sangat mudah bukan, sekarang kamu bisa mengcustom stiker sepuasnya. Baik itu foto pribadi, foto temen untuk diisengin. atau foto-foto dari sosial media kamu.

Tidak ada komentar